Kata teladan tentu mencirikan sesuatu yang baik yang patut dijadikan
contoh. Dalam dunia pekerjaan, kita juga bisa mendapati orang-orang
professional yang bisa kita jadikan teladan dalam bekerja. Tidak
terkecuali dalam dunia restoran, hadir nya seorang supervisor yang bisa
memberikan teladan yang baik kepada bawahannya akan memberikan nilai
luar biasa dalam membangun tim yang kompak dan solid. Tim yang kompak
dan solid akan menghasilkan sebuah kerjasama nya luar biasa untuk
kelancaran operasional restoran.
Selain sebagai seorang pemimpin, supervisor juga bisa membawa pengaruh
besar bagi tim atau bawahannya. Misalnya jika supervisornya seorang yang
mudah marah, maka tidak heran jika tim atau bawahannya menjadi tidak
ramah dan jarang tersenyum. Ya, sangat besar sekali pengaruh seorang
supervisor terhadap bawahannya sehingga seorang supervisor harus selalu
berpikir dengan cermat sebelum mengambil keputusan atau bertindak.
Supervisor juga bisa menjadi inspirasi bagi para bawahannya. Menjadi
motivator handal bagi tim nya dalam meraih prestasi kerja yang gilang
gemilang. Prestasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para tamu
atau pelanggan restoran, prestasi dalam menjaga kebersihan restoran, dan
prestasi dalam menjaga kualitas menu yang baik dan lezat.
lalu bagaimana seorang supervisor bisa menjadi panutan atau teladan bagi
tim atau bawahannya? berikut adalah beberapa hal yang bsa dilakukan
seorang supervisor dalam membangun karakter yang bisa menjadi teladan
bagi tim atau bawahannya :
1. Jadi orang pertama dalam penegakan disiplin
Jika kita ingin tim atau karyawan restoran kita disiplin, maka mulailah
dari diri kita. Jadilah orang pertama yang berdisiplin tinggi dan
karyawan anda akan mengikuti. Disiplin lah dalam waktu kerja,
berpenampilan, dan mematuhi semua aturan yang ada. Jangan segan untuk
menegur siapapun yang berbuat kesalahan dalam pekerjaan. Semakin tegas
akan semakin baik untuk tim.
2. Ringan tangan
Meskipun tugas supervisor bukanlah untuk menghandle hal-hal teknis, tapi
janganlah anda berpangku tangan jika melihat karyawan anda sedang
kerepotan atau membutuhkan bantuan anda. Misalnya pada saat ramai
pengunjung dan banyak tamu yang mengantri, banyak meja yang belum di
clear up, ambilah segera tindakan untuk membantu melakukan clear up agar
tamu cepat dapat tempat duduk dan memesan makanan. Sikap ringan tangan
atau suka membantu akan membuat tim anda merasa percaya bahwa anda
mengerti mereka. Hindari kebiasaan memasukan telapak tangan kedalam saku
celana karena akan memberikan kesan bahwa anda adalah orang yang hanya
mau melihat dan berpangku tangan. Penilaian karyawan dan penilaian tamu
tidaklah jauh berbeda. Sikap pro aktif dan ringan tangan akan memberikan
pengaruh besar atas kepercayaan tim kepada anda sebagai seorang
pemimpin.
3. Bersikap ramah
Jabatan hanyalah pembagian tugas kerja, tanggung jawab, dan kewenangan.
Jadi tidak layak seorang supervisor untuk bersikap sombong atau angkuh
kepada bawahannya. Dalam pekerjaan, semua bagian adalah penting.
Bersikap ramah adalah hal terbaik yang harus anda contohkan agar
karyawan terbiasa bersikap ramah kepada anda, teman sekerjanya, dan juga
kepada semua tamu atau pelanggan restoran. Sikap ramah akan membuat
suasana kerja menjadi sangat menyenangkan.
4. Hindari marah dan membentak karyawan
Jika kita mendapati seorang karyawan yang melakukan kesalahan, janganlah
kita tegur secara berlebihan dengan memarahinya di depan tamu dan
karyawan lain. Berikanlah teguran sewajarnya, jika dirasa perlu dan
serius, panggilah karyawan tersbut ke office untuk anda berikan teguran
atau pengarahan dengan lebih serius. Bersikap tegas tidak selalu berarti
marah atau membentak. Bersikap tegas adalah bertindak dan memutuskan
sesuatu berdasarkan aturan yang ada dengan cara yang baik dan tepat.
Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan dalam membangun karakter seorang
supervisor yang bisa menjadi inspirasi dan teladan bagi tim atau
bawahannya. Semoga bermanfaat.
Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.