Artikel ini saya tulis untuk memberikan informasi mengenai hal apa saja
yang perlu dihindari oleh seorang supervisor restoran dalam kegiatan
operasional dan pengawasannya di lingkungan restoran. Hal ini bertujuan
untuk memberikan arahan yang jelas agar supervisor tidak melakukan
kesalahan baik dalam tindakan maupun kebijakan yang diambil berkaitan
dengan operasional dan pengawasan yang dilakukannya. Hal ini sangat
penting, mengingat peran supervisor yang sangat menentukan dalam
kelancaran operasional sebuah restoran. Supervisor tidak boleh melakukan
kesalahan-kesalahan yang pada akhir nya akan merugikan diri nya selaku
pimpinan dan restoran tempatnya bekerja karena terkendalanya operasional
restoran sebagai akibat dari tindakan atau kebijakan yang salah.
1. Tidak tegas
Supervisor harus tegas dalam menegakkan aturan perusahaan. Jangan sampai
seorang supervisor berlaku lembek dengan membiarkan adanya pelanggaran
yang terjadi. Tegakkan aturan yang ada dan jangan kompromi. Sikap
supervisor yang lembek atau tidak tegas, akan membuat karyawan menjadi
tidak hormat dan berlaku seenaknya. Tegas bukan berarti marah-marah atau
berkata dengan keras dan kasar. Tegas berarti bertindak tepat sesuai
dengan aturan yang ada. Jika ada karyawan atau crew restoran yang
melanggar disiplin atau aturan perusahaan, segera lah panggil karyawan
bersangkutan. Mintalah duduk dan sampaikan apa kesalahannya. Jika dengan
kesalahannya itu ia harus di berikan Surat peringatan, maka berikan lah
peringatan. Dengan bertindak tegas, karyawan akan menaruh hormat atau
respect yang tinggi terhadap supervisor. Namun satu hal yang harus
selalu diingat adalah anda harus menjadi teladan yang baik atas
aturan-aturan yang ditetapkan di perusahaan.
2. Memutasikan karyawan yang buruk
Kata buruk yang saya maksud adalah tidak cakap bekerja, tidak disiplin,
suka membantah dan hal negatif lainnya. Kenapa saya katakan memutasikan
karyawan yang buruk atau bermasalah adalah sebuah kesalahan?, karena
dengan demikian supervisor bersangkutan telah memberikan wabah atau
virus baru kepada store atau cabang restoran lain dimana si karyawan
buruk tersebut dimutasikan. Hal paling tepat yang harus diberikan
kepada karyawan yang buruk adalah SP1, SP2, atau PHK.
3. Kurang kontrol
Insturksi atau perintah yang diberikan kepada seorang karyawan harus
ditindaklanjuti dengan melakukan kontrol atas hasil kerja nya.
Supervisor harus tau apakah karyawan tersebut benar-benar telah
mengerjakan tugas yang diberikan kepadanya dengan baik? atau apakah ada
kekurangan yang bisa menyebabkan terkendalanya operasional sehingga
supervisor harus memberikan pengarahan tentang apa saja yang kurang.
Terkadang ada supervisor yang terlalu betah di kantor dan sibuk dengan
aktivitas tertentu hingga melupakan tugas utamanya yaitu melakukan
kontrol atau pengawasan demi lancarnya operasional restoran.
4. Pilih kasih
Supervisor harus selalu dapat melihat, menilai, dan berpikir objective.
Jangan sampai pilih kasih berdasrkan rasa suka dan tidak suka kepada
seorang karyawan. Jika seorang supervisor pilih kasih dengan alasan
apapun, dijamin, tidak akan ada karyawan yang menaruh respect atau
hormat kepadanya. Jika sudah demikian, apapun yang diperintahkan
supervisor akan dilaksanakan dengan setengah hati atau bahkan akan
mendapat perlawanan dari karyawan.
5. Pelit promosi
Kesuksesan kita adalah saat kita bisa membuat orang lain sukses. Jika
seorang supervisor melihat ada seorang karyawan yang memiliki kinerja
yang bagus dan layak untuk dipromosikan, maka segera lah promosikan
karyawan tersebut sesuai dengan prosedur yang ada. Jika supervisor pelit
promosi atau tidak mau mempromosikan karyawannya yang sudah memberikan
seluruh kemampuan terbaiknya, kontribusi, dan semangat kerja nya, namun
tidak jua dipromosikan, maka bisa saja karyawan tersebut akan memilih
keluar dan bekerja di tempat atau restoran lain.
Anda juga bisa membaca artikel : Menjadi Supervisor Teladan
Anda juga bisa membaca artikel : Menjadi Supervisor Teladan
Itulah 5 kesalahan supervisor restoran yang harus dihindari. Semoga
artikel ini bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi anda yang saat ini
bekerja sebagai seorang supervisor restoran agar tidak melakukan
kesalahan-kesalahan yang bisa merugikan anda dan restoran tempat dimana
anda bekerja. Selamat berperestasi.
Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.