Tujuan adanya Job Description adalah untuk mendapatkan input -
process - output dari pekerjaan dan biasanya digunakan untuk tujuan
pembobotan jabatan lewat proses evaluasi jabatan sehingga bisa dibuatkan
Job Grading. Sedangkan untuk proses mendapatkan Job Description adalah
lewat Job Analysis.
Tujuan SOP adalah untuk
lebih detail dalam melihat setiap langkah yang harus di kerjakan di
dalam setiap jabatan atau pekerjaan. Jadi penekanan nya lebih banyak
kepada proses nya. Disatu sisi lain, tujuan adanya SOP adalah untuk
melihat process bisnis yang terjadi dengan segala konsekwensi atau
risiko di setiap langkah kerja tsb. Sedangkan untuk proses mendapatkan
SOP dilakukan dengan melakukan pemetaan langkah kerja dan proces bisnis
beserta risiko dari setiap langkah nya.
Sumber: http://belajarhr.blogspot.co.id/2010/11/bls-bls-diskusi-hrd-forum-beda-sop-dan.html
Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.